Rakerda KAI DIY Perluas Kerjasama Antarlembaga dan Penguatan Idealisme LBH Peduli Bangsa

0 1

Dewan Pimpinan Daerah Kongres Advokat Indonesia (KAI) DIY, segera memperluas kerjasama antalembaga dan penguatan idealisme bantuan hukum bagi masyarakat melalui Lembaga Bantuan Hukum KAI Peduli Bangsa.

Dua agenda tersebut merupakan bagian penting yang direkomendasi dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD KAI DIY, di Hotel Sriwedari Yogyakarta, Minggu (14/2/2021). Rakerda ini terbilang istimewa secara tatap muka dengan mematuhi protokol keehatan, dihadiri oleh unsur pimpinan maupun masing-masing Ketua Bidang dan sejumlah anggota.“Semula kami akan melaksanakan rakerda secara daring. Tapi akhirnya diambil jalan tengah secara tatap muka, semua ketua bidang atau departemen hadir. Kehadiran mereka cukup mereprentasikan aspirasi semua anggota,” ujar Dion Leonardo Kaloka Saputra SH selaku Ketua Panitia Rakerda, sesaat sebelum acara.

Rakerda kali ini menjadi penting, karena merupakan kerja awal pengurus DPD KAI DIY dibawah kepemimpinan Nanang Hartanto SH yang dilantik oleh Presiden DPP KAI Siti Jamaliah Lubis SH pada 30 November 2020.

“Kami dilantik saat pandemi Covid-19 memuncak. Meski demikian sudah ada konsolidasi internal. Dan kini dikuatkan lagi hasil konsolidasi tersebut melalui Rakerda ini,” ujar Nanang didampingi advokat senior Budi Santoso SH selaku Sekretaris.

Nanang mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggotanya yang berjumlah 260-an advokat dan jajaran pengurus atas atensinya. Ditengah kesibukan menjalankan tugas profesi, tetap masih peduli pada keberlangsungan dan pemajuan organisasi. Bahkan dalam rakerda berbagai aspirasi muncul, lalu lintas dialog dan pembahasan berlangsung dinamis, hingga mengerucut pada sejumlah agenda penting. Diantaranya, selain upaya memperluas kerjasama antarlembaga dan penguatan idealisme melalui LBH KAI Peduli Bangsa, juga Ujian Calon Advokat (UCA) dan pembinaan advokat baru.

“Pembinaan anggota baru ini penting. Jangan sampai setelah mereka mengikuti PKPA dan lulus UCA lalu dilepas begitu saja. Perlu bagi mereka memperoleh pembinaan atau pendampingan agar dalam mejalani pekerjaan profesi tidak salah jalan. Ya, agar muncul advokat-advokat berintegritas dari KAI,” timpal Budi Santoso.

Di bagian lain, Nanang mengungkapkan segera melakukan sosialisasi keberadaan LBH KAI Peduli Bangsa yang diketuai Dion Leonardo SH kepada masyarakat pencari keadilan. Termasuk dalam konteks ini mejalin komunikasi dengan unsur Forkompimda maupun uncur catur wangsa penegak hukum lain secara intens.

“Melalui LBH Peduli Bangsa ini kami menjalankan salah satu fungsi penting advokat bagi masyarakat. Sekaligus menjadikannya sebagai kawah candra dimuka menempa profesionalitas advokat-advokat baru,” pungkas Nanang. (yogyapos)

Leave A Reply

Your email address will not be published.