KAI-MPR RI Harap Pendidikan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa Bagi Advokat Segera Terwujud

0 11

Kongres Advokat Indonesia (KAI) pimpinan Presiden Siti Jamaliah Lubis siap bersinergi dan bekerjasama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) untuk menggelorakan gerakan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Empat Pilar tersebut adalah: Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Hal itu dikatakan oleh Presiden KAI Siti Jamaliah Lubis saat pertemuan dengan ketua MPR RI Bambang Susatyo, di gedung MPR, DPR dan DPD RI, Kamis (27/2/2020). Mia Lubis, demikian Siti Jamaliah kerap disapa, didampingi antara lain: Sekjen KAI Apolos Djara Bonga, Ketua Dewan Penasihat Rusdi Taher, Vice Presiden Prof Dr Irman Putra Sidin dan lain-lain.

“Kami siap bersinergi dan bekerja sama dengan MPR RI untuk menanamkan pendidikan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara kepada para advokat KAI,” kata Mia Lubis.

Pada kesempatan tersebut Mia juga memperkenalkan para pengurus KAI yang belum lama ini dilantik. Mia Terpilih kembali dalam Kongres KAI ke-3 di Malang akhir tahun lalu. Dan saat ini menurutnya, KAI memiliki 34 DPD di seluruh Indonesia dan di setiap DPD memiliki DPC di tingkat Kabupaten/Kota.

“Jadi KAI merupakan organisasi advokat yang besar, anggotanya tersebar di seluruh Indonesia,” jelas Mia.

Sekjen KAI Apolos Djara Bonga menambahkan, KAI dalam pendidikan Empat Pilar tersebut akan mengambil bagian dari sisi hukum dalam rangka integritas bangsa. “Sehingga masyarakat merasa mendapatkan keadilan, kami berharap ada peluang kerjasama antara KAI dengan MPR RI,” harap Apolos.

Ketua Dewan Penasihat Rusdi Taher menambahkan, KAI memiliki karakteristik yang spesifik yang telah ditanamkan oleh Presiden KAI pertama Indra sahnun Lubis, yaitu fondasi yang sangat bermakna bagi advokat Indonesia, sebagai advokat pejuang dan pejuang advokat. Untuk itu, sinergi peranan organisasi advokat bisa menjadi Mitra dari MPR dalam mengembangkan Empat Pilar yang selalu dipelopori MPR.

Vice Presiden KAI Irman Putra Sidin mengungkapkan, KAI perlu memperkenalkan diri kepengurusan barunya kepada MPR sebagai lembaga kedaulatan rakyat tertinggi. KAI adalah organisasi yang berusaha menjaga hak-hak rakyat baik secara horizontal maupun vertikal.

“Advokat juga menjaga hak-hak konstitusional seluruh rakyat, kita kawal hak-hak konstitusionalnya, oleh karena itu pendidikan empat pilar perlu diketahui oleh advokat” ungkap Irman.

Ketua MPR RI Bambang Susatyo menyambut baik keinginan kerjasama yang di sampaikan oleh para pengurus KAI. Ia ingin kerjasama itu segera terwujud dan dapat terealisasikan dalam salah satu materi pendidikan Advokat.

“Nanti akan kita berikan sertifikat bahwa advokat tersebut telah mengikuti pendidikan empat pilar kebangsaan,” ujar Bambang Susatyo kepada para pengurus KAI.

Bambang juga menyambut baik ajakan semua pihak terhadap penyadaran terhadap rakyat bahwa hidup berdasarkan filosofi Pancasila. Sebagai perwujudan hal itu, ia berpesan kepada para advokat untuk tidak menabrak aturan untuk memenangkan sebuah perkara.

Sumber : Mediasionline.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.