DPP KAI Apresiasi SEMA Nomor 3 Tahun 2021 tentang Larangan Pungutan Terkait Pengambilan Sumpah atau Janji Advokat

0 1

Jakarta, DPP KAI – Dewan Pimpinan Pusat Kongres Advokat Indonesia (DPP KAI) menyambut baik dan mengapresiasi kebijakan Mahkamah Agung (MA) yang baru saja mengeluarkan Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Larangan Pungutan Terkait Pengambilan Sumpah atau Janji Advokat.

SEMA yang ditandatangani Ketua MA Muhammad Syarifuddin pada 8 Maret 2021 ini berisi tiga poin. Pertama, pelaksanaan kegiatan pengambilan sumpah atau janji advokat harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang mendukung pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM. Kedua, Pengadilan Tinggi dilarang memungut atau menerima biaya pelaksanaan pengambilan sumpah atau janji advokat, kecuali ditentukan lain oleh ketentuan peraturan perundang-undangan. Ketiga, pelaksanaan pengambilan sumpah atau janji advokat dilaksanakan di kantor Pengadilan Tinggi di wilayah domisili hukumnya.

Atas kebijakan tersebut DPP KAI melihat adanya langkah positif dari MA, terutama terkait larangan pemungutan atau penerimaan biaya pelaksanaan pengambilan sumpah atau janji advokat. Langkah ini sangat besar pengaruhnya terutama dalam prosedur biaya pendaftaran pengambilan sumpah dan janji di internal organisasi advokat.

Selain itu DPP KAI melihat kebijakan ini sebagai langkah maju disaat pengadilan-pengadilan mencanangkan WBK dan WBBM. Selain itu dengan dikeluarkannya SEMA ini, akan memudahkan pengurusan administrasi persyaratan, khususnya terkait syarat advokat yang akan diangkat sumpah dan janji di Pengadilan Tinggi akan berlaku di internal organisasi advokat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.