Ketua MA yang Baru Terpilih, Mia Lubis: Tetap Jaga Netralitas Dalam Upaya Penegakan Hukum

0 56

“Dia berpesan kepada Ketua MA yang baru untuk tetap menjaga netralitasnya dalam upaya penegakan hukum”

Jakarta (bintangtimur.net) – Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI) ISL Siti Jamaliah Lubis mengucapkan selamat atas terpilihnya Muhammad Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Syarifuddin terpilih sebagai Ketua MA untuk periode 2020-2025 pada Senin (6/4/2020), setelah mendapat suara terbanyak dalam sidang paripurna khusus, di gedung Mahkamah Agung.

“Kami mengucapkan selamat kepada Bapak Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung, semoga penegakan hukum di Indonesia semakin baik lagi ke depannya,” kata Mia Lubis, demikian Siti Jamaliah Lubis akrab disapa, kepada wartawan, kemarin Senin (6/4/2020).

Dia berpesan kepada Ketua MA yang baru untuk tetap menjaga netralitasnya dalam upaya penegakan hukum.

“Inilah yang diharapkan oleh seluruh lapisan masyarakat, agar netralitas MA sebagai benteng terakhir penegakan hukum di Indonesia tetap terjaga, supaya rasa keadilan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” harap Mia.

Mia menegaskan, penegakan hukum juga tidak boleh hanya tajam kebawah, tapi juga harus tajam ke atas. Semua orang sama kedudukannya di depan hukum (equality before the law). Orang tidak mampu harapnya juga harus dapat menikmati rasa keadilan.

Di era tekhnologi yang cepat saat ini, kata Mia Mahkamah Agung juga harus menyesuaikan diri dalam kinerjanya, harus profesional, transparan dan cepat.

“Kinerja Mahkamah Agung juga harus mengikuti perkembangan yang ada, penanganan perkara juga harus lebih profesional, sehingga masyarakat mendapatkan kepastian hukum lebih cepat dan tepat,” tegasnya.

Mia berharap MA dapat mengayomi dan bekerjasama dengan Organisasi Advokat (OA) terutama KAI yang Mia pimpin saat ini, supaya tercipta keharmonisan antar sesama penegak hukum.

“Kami sebagai organisasi advokat siap bekerjasama dengan Mahkamah Agung dalam rangka penegakan hukum di Indonesia,” ujarnya.

Terakhir Mia menambahkan, meskipun di tengah-tengah suasana penyebaran virus corona (covid-19) saat ini, namun MA masih dapat menggelar sidang paripurna khusus dan berhasil memilih Ketua MA yang baru.

“Semoga wabah pandemi corona ini akan segera berakhir baik di Indonesia maupun negara-negara lain, sehingga kehidupan bermasyarakat dapat berjalan normal kembali,” harap Mia. (ZS)

Sumber : BintangTimur.net

Leave A Reply

Your email address will not be published.