Ketua Pengadilan Tinggi Jatim Ambil Sumpah Advokat KAI

0 1

SURABAYA. Ketua Pengadilan Tinggi Jatim, H. Abdul Kadir SH, MH, mengambil sumpah 42 advokat yang tergabung dalam organisasi Kongres Advokat Indonesia (KAI) di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Jatim (PT Jatim) Jl Sumatera No 42 Surabaya, Kamis 8 Agustus 2019.

Prosesi pengambilan sumpah tersebut berlangsung lancar dan khidmat disaksikan oleh para hakim Pengadilan Tinggi Jawa Timur, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI), HK Kosasi, Ketua Umum DPD KAI Jatim, H.Abdul Malik SH.MH dan Ketua Dewan Kehormatan KAI, Dr. Achmad Rubai, SH.MH.

Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Timur, H Abdul Kadir SH, MH, dalam sambutannya mengatakan, penyumpahan advokat sesuai pasal 4 Undang-undang no 18 tahun 2003 tentang Advokat, “Sebelum menjalankan profesinya , Advokat wajib disumpah menurut agamanya atau berjanji dengan sungguh-sungguh di sidang terbuka Pengadilan Tinggi di wilayah domisili hukumnya, “ujarnya.

Ketua Pengadilan Tinggi Jatim, H. Abdul Kadir SH, MH.

Sementara Ketua DPD KAI Jatim, H. Abdul Malik SH, MH dalam sambutannya menyentil terkait maraknya advokat pindah organisasi hanya karena ingin jabatan.

“Saat ini sangat gampang sekali pindah organisasi karena ingin jabatan, tapi yang pindah organisasi kebanyakan yang pengkhianat dan munafik. Tidak mau mengundurkan diri dari organisasi asalnya dan organisasi yang menerima juga tidak minta pengunduran diri dari advokat yang pindah. Ini terjadi karena organisasi yang baru sudah tahu melanggar kode etik dan aturan hukum berorganisasi, inginya mencari anggota dengan jalan tidak benar. Saya pastikan advokat seperti ini yang bermasalah dengan organisasi asalanya, ” ucapnya.

Ketua DPD KAI Jatim, Abdul Malik SH,MH (kanan) bersama Dr Achmad Rubai SH, MH dan HK Kosasih, SH, MH.

Terpisah, Ketua Umum DPP IPHI, H. Rahmat Santoso SH,MH yang berhalangan hadir dan diwakili oleh Wakil Dewan Kehormatan IPHI, HK. Kosasih, SH. MH mengingatkan agar advokat yang baru di sumpah selalu mengingat kode etik advokat dalam menjalankan profesinya.

Ketua Umum DPP IPHI, Rahmat Santoso, SH, MH.

“Kepada teman-teman advokat baru harus mengamalkan kata sumpahnya yang diucapkan di depan Ketua PT. Semoga menjadi advokat yang siap membantu masyarakat yang membutuhkan perlindungan hukum. Selalu ingat pada kode etik dan jangan lupa pada yang melahirkan sebagai advokat, jangan menjadi durhaka, ” pesannya. (tom)

Leave A Reply

Your email address will not be published.