DPD KAI Jawa Barat Gelar Diskusi Hukum Secara Online “Penyelesaian Gugatan Sederhana”

0 43

Dewan Pimpinan Daerah Kongres Advokat Indonesia (DPD KAI) Jawa Barat mempelopori pemanfaatan teknologi di lingkungan organisasi advokat KAI untuk menggelar diskusi di masa pandemi covid-19 ini. Diskusi yang digelar melalui media daring zoom dengan tema “Penyelesaian Gugatan Sederhana”, pada senin (18/5/2020) malam, ini menghadirkan nara sumber H OK Joesli SH MH (pensiunan hakim yang kini bergabung dengan KAI) dan dimoderatori oleh Aprian Setiawan SH MH.

Tema ini diambil dengan mengacu pada Perma No 4/2019 junto Perma 2/2012. Ketentuan terkait Gugatan Sederhana dilakukan untuk mempercepat penyelesaian masalah secara sederhana sesuai dengan asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan. “Gugatan Sederhana ini dilakukan juga untuk mengurangi volume perkara di Mahkamah Agung yang terus menumpuk,” demikian antara lain yang dikemukakan oleh OK Joesli dalam diskusi tersebut.

Gugatan Sederhana ini imbuhnya, diajukan di pengadilan Negeri tempat domisili tempat tinggal tergugat. Antara lain ketentuannya, nilai gugatannya maksimal Rp 500 juta. Persidangan dilakukan dalam waktu 25 hari, prinsipal dalam persidangan tersebut harus hadir walaupun ada kuasa hukumnya dengan hakim tunggal.

Diskusi inipun menyedot antusiasme komunitas advokat yang tergabung
dalam KAI, terbukti peserta yang mengikuti diskusi tersebut hampir
ratusan. Selain anggota KAI Jawa Barat di sejumlah Kabupaten/Kota, juga diikuti oleh advokat KAI dari Maluku Utara, Tangerang, Jakarta, dan lain-lain. Acara yang sedianya digelar pada pukul 20.00 hingga 21.30 wib ini pun akhirnya diperpanjang hingga pukul 22.15 wib

Advokat senior yang turut dalam diskusi tersebut antara lain Iman Nurhaeman, Damai Hari Lubis, Ketua KAI Cirebon, Ketua KAI Bogor dan lain-lain. Bahkan sejumlah hakim di MA, menurut Joesli juga mengapresiasi digelarnya diskusi daring dengan tema di atas.

Presiden KAI Siti Jamaliah Lubis dalam pesannya juga mengapresiasi gelaran diskusi hukum yang dilakukan DPD Jawa Barat ini. “Kami bangga sekali dengan DPD KAI Jabar, sangat kreatif, semoga bisa diikuti oleh DPD KAI yang lain…KAI Jaya selalu,” pesan Mia Lubis, demikian Siti Jamaliah akrab disapa.

Menurut Ketua DPD KAI Jawa Barat M Lukman Chakim SH MH dalam sambutan pengantarnya, diskusi secara online ini dilakukan untuk menjalin tali silaturahmi di antara anggota KAI, tidak hanya di Jawa Barat tapi juga anggota KAI seluruh Indonesia. “Mudah-mudahan dengan diskusi ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan hukum dan kemampuan beracara bagi anggota KAI Jawa Barat dan KAI pada umumnya,” harap Chakim.

Sekretaris DPD KAI Jawa Barat Widjanarko menambahkan, karena antusiasme dan banyaknya permintaan, maka diskusi yang dilakukan secara online ini rencananya akan dilakukan secara rutin dengan tema yang berbeda-beda dan nara sumber yang berbeda-beda pula.

Sumber : MediasiOnline.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.