Mia Lubis: Persatuan dan Kesatuan Harus Tetap Dijaga Sambut HUT RI ke-75

0 0

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Masyarakat Indonesia harus tetap semangat menyambut perayaan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 75. Meski 17 Agustus 2020 ada di tengah pandemi Covid-19, masyarakat harus tetap optimis dan bisa melewati musibah ini dengan baik.

“Inilah momentum yang sangat tepat untuk bangsa Indonesia bersatu dan mengesampingkan perbedaan-perbedaan. Bangsa Indonesia akan lebih kuat bila bisa melewati pandemi covid-19,” kata Presiden Kongres Advokat Indonesia ISL (KAI) Siti Jamaliah Lubis, kepada wartawan di Jakarta, Minggu 16 Agustus 2020.

Di usia negara 75 tahun ini, Mia Lubis, demikian Siti Jamaliah akrab disapa, berharap, sudah waktunya penegakan hukum di Indonesia dijalankan secara maksimal.

“Polisi, Jaksa, Hakim, KPK dan Advokat harus bersama-sama berupaya menegakkan hukum di negara Indonesia, masyarakat harus optimis bahwa penegakan hukum bisa dicapai,” tuturnya.

Untuk itu, Mia meminta para penegak hukum harus menegakkan hukum dengan adil dan transparan. Ia menilai penegakan hukum di Indonesia saat ini masih cukup bagus tetapi belum maksimal.

“Masyarakat berharap pemerintah dapat mengungkap perkara-perkara yang selama ini masih banyak belum terselesaikan baik tindak pidana khusus maupun tindak pidana umum,” ungkap Mia Lubis.

Ia berharap pemerintah harus serius dalam gerakan pro justitia, sehingga masyarakat dapat merasakan keadilan, penegakan hukum pun bisa dijalankan tanpa ada pengaruh hal-hal di luar hukum.

Ia juga meminta penegak hukum harus menjadi alat penegakan hukum bagi masyarakat secara luas. Jangan hanya kelompok tertentu saja yang bisa menikmatinya.

Keadilan, jelas Mia, bagi sebagian orang masih menjadi hal yang mahal dan sulit didapat. Padahal dalam menegakkan hukum itu bagaikan dewi keadilan dengan mata tertutup, tak pandang siapapun yang ditangani harus mendapat perlakuan yang sama, equality before the law. Penegakan hukum harus lebih maksimal lagi supaya masyarakat dapat merasakan keadilan dan kepastian hukum.

Ini sesuai dengan motto KAI: Fiat Justitia Ruat Coelum, keadilan harus ditegakkan sekalipun langit runtuh. Kongres Advokat Indonesia mengucapkan Dirgahayu Kemerdekaan RI yang ke-75.(dan/lna)

Leave A Reply

Your email address will not be published.