KAI Tetap Hormati Putusan Pengadilan, Namun Tak Boleh Tetapkan Tersangka Tanpa Bukti yang Cukup

0 43

Kongres Advokat Indonesia (KAI) menilai putusan Praperadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada selasa (10/4/2018) di luar kebiasaan putusan pengadilan pada umumnya. Putusan perkara praperadilan yang diajukan oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) itu memerintahkan KPK untuk melanjutkan penanganan kasus korupsi Bank Century sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan.

“Belum pernah ada keputusan seperti itu, obyek praperadilan itu terkait dengan sah tidaknya penangkapan, penahanan, penghentian penyidikan atau penuntutan, penetapan tersangka, penggeledahan dan penyitaan. Sementara perkara ini kan sudah putus, mengapa justru memerintahkan lagi KPK untuk melakukan penyidikan baru,” kata Presiden KAI Mia Lubis kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Meskipun demikian, ia tetap meminta kepada semua pihak untuk menghormati putusan pengadilan tersebut. “Kita semua harus menghormati putusan pengadilan dan semoga putusan itu tetap mengacu pada asas keadilan, penegakan hukum dan kemanfaatan,” harapnya

Mia juga berharap, putusan pengadilan ini tidak membuat KPK dengan serta merta menetapkan tersangka seseorang tanpa didasari alat bukti yang cukup. Ia sepakat apabila ditemukan alat bukti yang cukup, siapapun itu harus diusut tuntas melalui tahapan-tahapan penyidikan yang benar.

“Tapi kalau tidak ditemukan minimal dua alat bukti yang sah, maka baik KPK, Kepolisian maupun Kejaksaan tidak boleh menetapkan seseorang menjadi tersangka. Karena dalam menegakkan hukum harus fair dan tidak dipengaruhi oleh kepentingan di luar hukum itu sendiri,” pinta Mia Lubis.

Seperti diketahui, Hakim tunggal praperadilan Effendi Mukhtar dalam amar putusannya menerima sebagian permohonan gugatan MAKI. Hakim memerintahkan KPK menetapkan Boediono, Muliaman D Hadad, Raden Pardede dan kawan-kawan sebagai tersangka berdasarkan surat dakwaan atas nama Budi Mulya.

Sumber : http://mediasionline.com

http://mediasionline.com/news/kai-tetap-hormati-putusan-pengadilan-namun-tak-boleh-tetapkan-tersangka-tanpa-bukti-yang-cukup/ 

Leave A Reply

Your email address will not be published.