KAI Diharap Jadi Garda Terdepan Penegakan Hukum di Indonesia

0 1

Kongres Advokat Indonesia (KAI) diharapkan menjadi garda terdepan Penegakan Hukum di Indonesia. Advokat KAI tidak semata-mata hanya mencari uang dalam memberikan bantuan hukum kepada masyarakat.

“Banyak masyarakat yang memerlukan keadilan namun tidak memiliki uang. Advokat KAI kami harap membantu masyarakat tersebut yang akan mencari keadilan, secara cuma-cuma supaya Indonesia juga sejahtera di bidang hukum,” Kata Presiden KAI saat membuka Kongres Nasional III KAI di Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel Batu, Jawa Timur (14/11/2019).

Ia merasa bangga karena seluruh DPD hadir pada Kongres kali ini. Anggota KAI saat ini lebih kurang 30 ribu yang tersebar di seluruh Indonesia. Mia minta anggotanya untuk mengkritik membangun terhadap kepemimpinannya di KAI.

Mia juga bangga karena banyak advokat perempuan KAI yang sukses menjalankan profesinya. “Mari kita buktikan perempuan mampu menjadi advokat dan pemimpin. Kini Jawa Timur memiliki Gubernur perempuan, walikotanya perempuan, ketua DPR juga perempuan, banyak yang minta Presiden KAI juga sebaiknya perempuan,” papar Mia yang disambut tepuk tangan hadirin.

Kongres dengan tema Kongres Advokat Indonesia Mendorong Penegakan Etika Profesi Advokat dalam rangka mewujudkan profesi advokat sebagai penegak hukum yang profesional dan berintegritas, tersebut dihadiri Walikota Batu Dewanti Rumpoko, perwakilan Gubernur Jawa Timur, perwakilan Polda Jawa Timur, Ketua Pengadilan Agama Kota Malang Syaiful Karim. Selain itu juga hadir para senior KAI antara lain Ahmad Yani, Tomi Sihotang, Abd Rahim Hasibuan, Sekjen Apolos Djarabonga, Ketua Dewan Penasihat Rusdi Taher, Sekretaris Dewan Penasihat Ok Joesli, Herman KadirKetua Panitia Abdul Malik dan lain-lain.

Para peserta kongres banyak yang mengenakan pakaian adat. Menurut Mia, ini menunjukkan walaupun berbeda-beda tetap satu. “Dengan pakaian adat berarti kita menjunjung Bhinneka Tunggal Ika, advokat tidak harus terkesan serba berpakaian necis,” jelas Mia.

Sementara Walikota Batu Dewanti Rumpoko mengucapkan selamat datang di kota Wisata Batu. “Berkat Ketua KAI yang Jadi Ketua DPRD Kota Batu pertumbuhan ekonimi meningkat dan pengangguran rendah,” ucap Dewanti.

Ia terkesan dengan advokat yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Suasana ini mengingatkan, beginilah Indonesia merdeka karena persatuan dan kesatuan dari seluruh Indonesia.

“Kami berharap advokat KAI bisa memberi pencerahan dengan informasi yang benar sehingga menghindari hoax,” harap Dewanti.

Sebelumnya Abdul Malik mengatakan, kongres diikuti oleh 33 DPD KAI dari seluruh Indonesia dengan total peserta sekitar 700an.

Ia berharap kongres berlangsung dengan sejuk dan menghasilkan hasil yang bermanfaat dan Presiden KAI yang diinginkan oleh anggota.

Sumber : MediasiOnline.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.